Minggu, 06 Januari 2013

MOTIVASI



Motivasi  
Isitilah motivasi berasasal dari bahasa latin, yakni movere yang berarti menggerakkan (to move) ada macam bentuk dari istilah motivasi,
        Penulis sendiri mengartikan motivasi adalah proses yang timbul dari dalam diri atau semangat dari luar untuk melakukan sesuatu dan meningkatkan kemampuannya dengan lebih baik lagi.
Motivasi dipengaruhi oleh keinginan/wants, kebutuhan/needs, perasaan takut/fears,
     Seseorang termotivasi karena keinginan berbuat yang lebih baik lagi dari sebelumnya, biasanya orang yang termotivasi karena keinginan tertentu akan melakukan sesuatu/pekerjaan dengan lebih teliti, dibelakang setiap tindakan manusia yang dilaksanakan tujuan tertentu, senantiasa terdapat keinginan tertentu baik yang disadari maupun tidak disadari.
             Individu yang termotivasi akan perasaan takut tidak jauh berbeda dengan  motivasi yang dipengaruhi oleh keinginan, letak perbedaannya ada pada perasaan, biasanya individu yang mengalami hal semacam ini melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan didasari oleh rasa takut, baik itu takut posisinya akan teramcam atau takut terhadap atasan jika tidak melakukan pekerjaannya dengan baik.
Motivasi dibagi atas 2 bagian yaitu:

  1. Motivasi ekstrinsik, yaitu suatu proses yang menggerakkan dari dalam untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan yang lebih baik.
  2. Motivasi Intrinsik, adalah lawan dari motivasi ekstrinsik dimana seorang melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan didasari dorongan dari luar, baik itu berupa penghargaan maupun dengan pembayaran tunjangan/gajI.

Menurut pribadi penulis disamping ada motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsic juga ada motivasi yang bersifat negative, yang menggunakan semacam ancaman (teguran, PHK, ancaman akan diturunkan pangkat/jabatan) andaikata kinerja yang bersangkutan dibawah standar. Masing-masing tipe motivasi memiliki tempatnya sendiri di dalam organisasi, tergantung dari situasi dan kondisi yang berkembang.
Sekian, Semoga bermanfaat, wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar